Menikmati Hidup Anda

Copy-Paste kode di bawah ini jika Anda ingin mempublikasikannya ulang untuk keperluan non-komersil. DILARANG memodifikasi separuh atau seluruh bagian dari kode tersebut.

*Widget By Vandy 165


Apakah Anda menikmati saat-saat santai bersama keluarga?

Apakah Anda sadar sekali mengenai maksud dan tujuan hidup Anda? Lantas, apakah Anda depresi? Apakah Anda perlu curhat?


Hal-hal kecil dan rutin bisa membuat hidup Anda membosankan. Tetapi tidak banyak dari kita yang menyadari bahwa hal-hal yang kita hadapi sehari-hari bisa membuat hidup ini indah. Untuk mengetesnya, jawablah "ya" atau "tidak" pada pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

1. Menghadapi tugas sehari-hari memberikan kepuasan kepada saya
2. Saya memiliki karier dan tujuan hidup yang jelas
3. Hidup saya tidak berguna
4. Saya menikmati bila berada bersama sahabat-sahabat saya
5. Saya tidak ingin merubah kehidupan saya secara drastis bila ternyata hidup saya hanya tinggal enam bulan lagi
6. Saya memiliki pikiran yang serius tentang bunuh diri
7. Saya mempunyai alasan mengapa saya di sini
8. Pekerjaan saya membuat hidup saya berarti
9. Saya kurang berarti di dalam kehidupan saya
10.Saya memiliki kedamaian di dalam diri saya
11.Saya berbahagia
12.Saya menghabiskan hidup saya dengan melakukan apa yang "harus" saya lakukan bukan melakukan apa yang "ingin" saya lakukan
13. Saya dapat menentukan tujuan hidup saya
14. Karier saya merefleksikan tujuan hidup saya

Berikan nilai 1 untuk setiap "tidak" dan nilai 0 jika "ya" pada pernyataan 3, 6, 9 dan 12. Sedangkan berikan nilai 1 untuk setiap "ya" dan nilai 0 jika "tidak" pada pernyataan-pernyataan lainnya.

Semakin tinggi nilai Anda, semakin Anda terlibat pada kegiatan-kegiatan yang memberi Anda kepekaan arti, arah, dan kepuasan dalam kehidupan. Anda jujur dengan diri sendiri, menikmati hidup, dan sangat mungkin untuk mencapai sasaran yang Anda tuju. Berbagai kegiatan, kegemaran, dan kegiatan-kegiatan yang lain merefleksikan kesatuan maksud dan tujuan hidup Anda.

Bila nilai Anda tujuh atau lebih rendah, kehidupan Anda kurang berarti dan kurangnya tujuan akan karier maupun hidup Anda. Anda mungkin bosan, jenuh, gelisah dan tidak mempunyai tujuan. Untuk mengembangkan arti yang lebih tentang kehidupan, lakukan refleksi diri.

1. Tentukan apa yang penting bagi Anda. Apa arti sukses bagi Anda? Jangan mencoba melakukan sesuatu karena orang lain. Belajar bagaimana mengatakan 'tidak' secara sopan.

2. Pertimbangkan bagaimana Anda merubah kehidupan Anda bila Anda tahu bahwa hidup Anda hanya tinggal enam bulan lagi. Bila Anda ingin mengganti pekerjaan atau kembali ke bangku kuliah, atau bahkan ingin melakukan suatu hobi yang sebelumnya belum pernah Anda lakukan, mulai saat ini lakukanlah!

3. Konsentrasikan pikiran Anda pada saat ini. Jangan menyesal belakangan. Apa yang sungguh-sungguh ingin Anda capai? Ingin menjadi siapakah Anda?

4. Buat pernyataan tentang apa yang akan Anda lakukan bila uang bukan masalah bagi Anda. Bila Anda melakukan sesuatu pekerjaan hanya untuk membayar tagihan, artinya uang lebih penting daripada tujuan hidup Anda. Bagaimana Anda dapat menghasilkan uang dengan melakukan hal yang Anda sukai? Rosi, misalnya, dulu adalah seorang akuntan, namun sekarang dirinya dikenal sebagai penjual barang-barang tembikar yang memang ia sukai.

5. Tetapkan tujuan Anda. Tujuan Danu adalah merawat hewan. Dia menjadikan hal ini sebagai bisnis -merawat hewan peliharaan ketika keluarga majikan hewan tersebut pergi liburan dan mengajak anjing mereka berjalan-jalan. Contoh lainnya adalah Mita, yang memiliki tujuan bergaul/menjalin hubungan dengan orang lain. Dia kemudian menjadi seorang editor majalah yang sukses, penyiar radio, sekaligus fotografer.

6. Untuk menetapkan tujuan Anda, perhatikan tema-tema yang muncul mulai dari latihan-latihan yang telah dilakukan terlebih dahulu dan juga pertanyaan-pertanyaan berikut: apa kelebihan dan prestasi Anda? Komentar apa yang Anda inginkan diucapkan oleh rekan-rekan sekerja tentang kontribusi Anda? Apa yang akan Anda lakukan bila Anda seorang milyuner? Kegiatan apa yang sangat membekas yang Anda lakukan di masa kecil Anda?

7. Sosok manusia yang bagaimana yang Anda inginkan dari diri Anda di lima tahun mendatang? Siapa yang Anda kagumi? Keterampilan, minat, dan kebutuhan apa yang ingin Anda gunakan agar pekerjaan Anda ideal?

Untuk memastikan misi Anda, bahas tema-tema tadi dengan teman Anda.

Tuliskan pernyataan misi yang menggambarkan gairah Anda berdasarkan kunci tema. Telusuri tugas-tugas tersebut. Buat tujuan Anda secara spesifik agar dapat membantu Anda dalam mencapai pekerjaan yang Anda sukai. Susun rencana untuk mencapai tujuan. Bersikap fleksibel; tujuan Anda bisa saja berubah seiring berjalannya waktu.

Cita-cita merupakan penunjuk untuk keberhasilan dan kegagalan. Dengan mengetahui cita-cita, maka Anda akan semangat dalam melakukan apa yang sangat ingin Anda lakukan. Anda akan berhasil mencapai tujuan tersebut, dan lebih mudah mengambil risiko serta mengendalikan ketakutan Anda. Anda akan mampu mengubah kehidupan menjadi lebih baik.
)…… slamat mencoba…. Kasi tau hasil praktekmu.. ke
adit18_doank@yahoo.com

Sekali-sekali janganlah lupa untuk memberi komentar terhadap postingan saya. Biarkanlah penulis merasa sedikit dihargai

1 comments:

Kebun Sayur Alami di Samarinda said...

Hello diet...lamma nih nggak mampir...tau-tau dah punya wajah baru lagi yaa...? Siiip...makin bagus lho! Salam kompak slalu

Search Thousands of lines of free code at www.Planet-Source-Code.com

Vb World   Java World C++ World ASP World

Advanced Search    Browse

Created: by : Aditya Widyawan Prima